Kamis, 25 April 2019

Jawaban Formatif

Soal :
1. Jelaskan pengertian E-Commerce menurut masing masing?
2. Sebutkan Jenis-Jenis E-Commerce dan Penjelasannya.
3. Sebutkan Keuntungan E-Commerce yang anda ketahui
4. Sebutkan 5 Kerugian E-Commerce yang anda ketahui.
5. Apakah anda memiliki usaha? jika ya,sebutkan usaha apa? berikan penjelasannya
6. Apakah anda memiliki website/Blog E-Commerce? Jika memiliki silahkan tuliskan alamatnya.

Jawaban :
1. Menurut saya, E-Commerce adalah sebuah DUNIA PERDGANGAN yang dipadukan dengan media internet atau secara online agar lebih efektif dan efesien dalam melakukan perbelanjaan.
2. Jenis-jenis E-Commerce

   1. Business-to-Business (B2B)
B2B e-commerce meliputi semua transaksi elektronik barang atau jasa yang dilakukan antar perusahaan. Produsen dan pedagang tradisional biasanya menggunakan jenis e-commerce ini.
Umumnya e-commerce dengan jenis ini dilakukan dengan menggunakan EDI (Electronic Data Interchange) dan email dalam proses pembelian barang dan jasa, informasi dan konsultasi, atau pengiriman dan permintaan proposal bisnis.
Contoh website e-commerce B2B adalah Bizzy dan Ralali.
Bizzy merupakan E Commerce pertama yang memiliki konsep B2B atau Business To Business di Indonesia. Bizzy menyediakan solusi bagi perusahaan yang memiliki masalah dalam hal pengadaan suplai dan jasa kebutuhan bisnis.
Produk yang disediakan oleh Bizzy antara lain, Office Supplies(ATK), Elektronik, Pantry dll.
Contoh salah satu website yang menerapkan jenis e-commerce B2B
Ralali adalah salah satu perusahaan B2B E Commerce Indonesia yang menjual produk-produk MRO(Maintenance, Repair, and Operational).
   2. Business-to-Consumer (B2C)
B2C adalah jenis e-commerce antara perusahaan dan konsumen akhir. Hal ini sesuai dengan bagian ritel dari e-commerce yang biasa dioperasikan oleh perdagangan ritel tradisional.
Jenis ini bisa lebih mudah dan dinamis, namun juga lebih menyebar secara tak merata atau bahkan bisa terhenti.
Salah satu contoh penerapan jenis e-commerce B2C
Jika dibandingkan dengan transaksi ritel tradisional, konsumen biasanya memiliki lebih banyak informasi dan harga yang lebih murah serta memastikan proses jual beli hingga pengiriman yang cepat.
Beberapa website di Indonesia yang menerapkan e-commerce tipe ini adalah Bhinneka, Berrybenka dan Tiket.com.
   3. Consumer-to-Consumer (C2C)
C2C merupakan jenis e-commerce yang meliputi semua transaksi elektronik barang atau jasa antar konsumen. Umumnya transaksi ini dilakukan melalui pihak ketiga yang menyediakan platform online untuk melakukan transaksi tersebut.
Beberapa contoh penerapan C2C dalam website di Indonesia adalah Tokopedia, Bukalapak dan Lamido. Disana penjual diperbolehkan langsung berjualan barang melalui website yang telah ada.
Namun ada juga website yang menerapkan jenis C2C dan mengharuskan penjual terlebih dulu menyelesaikan proses verifikasi, seperti Blanja dan Elevenia.

   4. Consumer-to-Business (C2B)
C2B adalah jenis e-commerce dengan pembalikan utuh dari transaksi pertukaran atau jual beli barang secara tradisional. Jenis e-commerce ini sangat umum dalam proyek dengan dasar multi sumber daya.
Platform lain yang umumnya menggunakan jenis e-commerce ini adalah pasar yang menjual foto bebas royalti, gambar, media dan elemen desain seperti www.istockphoto.com
Contoh lainnya adalah www.mybloggerthemes.com, sebuah website yang menjual ragam template blog dari berbagai pengembang template.
   5. Business-to-Administration (B2A)
B2A adalah jenis e-commerce yang mencakup semua transaksi yang dilakukan secara online antara perusahaan dan administrasi publik.
Jenis e-commerce ini melibatkan banyak layanan, khususnya di bidang-bidang seperti fiskal, jaminan sosial, ketenagakerjaan, dokumen hukum dan register, dan lainnya.
Beberapa contoh website administrasi publik yang menerapkan B2A adalah www.pajak.go.id, www.allianz.com dan www.bpjs-online.com. Disana perusahaan dapat melakukan proses transaksi atas jasa yang mereka dapatkan langsung kepada pihak administrasi publik.
   6. Consumer-to-Administration (C2A)
Jenis C2A meliputi semua transaksi elektronik yang dilakukan antara individu dan administrasi publik.
Contoh area yang menggunakan jenis e-commerce ini adalah :
  • Pendidikan – penyebaran informasi, proses pembelajaran jarak jauh, dan lainnya
  • Jamsostek – penyebaran informasi, pembayaran, dan lainnya
  • Pajak – pengajuan pajak, pembayaran pajak, dan lainnya
  • Kesehatan – janji pertemuan, informasi mengenai penyakit, pembayaran layanan kesehatan dan lainnya
3. Keuntungan E-Commerce menurut saya:
  • Memudahkan dalam melakukan transaksi
  • Jual-Beli bisa dilakukan dimanapun,kapanpun dan siapapun (AnyTime)
  • Hemat waktu
  • Tidak menguras tenaga
  • Keuntungan penjualan makin besar
  • Semua orang dapat melihat apapun yang kita jual
4. Kerugian E-Commerce menurut saya :
  • Mudah tertipu karena banyak website palsu
  • Barang yang dibeli tidak real
  • Persaingan makin pesat
  • Menghabiskan uang untuk beli kuota internet
5. YA, Saya memiliki usaha penjualan celana baggy pants, selain itu juga saya suka menjual barang-barang yang harganya miring, lalu saya jual kembali.
untuk lebih detailnya, saya menjual produk itu di website saya
https://ismiatunnadila.blogspot.com/2019/04/jual-beli.html

6. https://ismiatunnadila.blogspot.com/2019/04/jual-beli.html
atau linknya : https://ismiatunnadila.blogspot.com/ lalu buka menu jual beli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  S t o r y O f L i f e   Aku adalah perempuan biasa dengan segala kesederhanaan. Aku punya satu kakak laki-laki, satu adik perempuan dan s...